Berbagai Vitamin dan Mineral Bagi Penderita Rematik Sendi



Berbagai Vitamin dan Mineral Bagi Penderita Rematik Sendi

3 alasan mengapa anda harus memperhatikan makanan yang anda makan bila anda menderita rematik sendi adalah:

• Beberapa obat rematik sendi dapat menghambat penyerapan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda, seperti methotrexate yang dapat menghambat penyerapan asam folat dan kortikosteroid yang dapat menghambat penyerapan kalsium

• Karena rematik sendi menyebabkan peradangan kronik pada tubuh anda, maka anda mungkin membutuhkan lebih banyak kalori dan protein daripada orang yang tidak menderita rematik

• Bila rematik membuat anda sulit memasak, maka anda cenderung memilih makanan siap saji yang seringkali hanya tinggi kalori, lemak, dan garam


Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu dari vitamin B kompleks yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan berperan dalam metabolisme tubuh anda. Asam folat juga berperan penting pada kehamilan untuk membantu mencegah terjadinya cacat kongenital (bawaan lahir) pada bayi anda.

Beberapa obat rematik sendi seperti methotrexate dan sulfasalazin dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Oleh karena itu, penderita rematik sendi yang menggunakan obat ini disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, kacang polong, jeruk, dan kacang-kacangan lainnya. Beberapa orang mungkin harus mengkonsumsi suplemen asam folat. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.

Kalsium


Obat golongan kortikosteroid dapat membuat tubuh anda lebih sulit menyerap kalsium. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh (osteoporosis). Selain itu, rematik sendi ini juga dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis akibat hiperaktivitas sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

Tetap aktif merupakan salah satu cara menjaga kekuatan tulang anda walaupun hal ini mungkin sulit bagi penderita rematik sendi. Berolahraga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang anda dan juga membantu mengurangi gejala rematik sendi.

Beberapa makanan sumber kalsium adalah susu dan produknya, sardin, salmon, almond, brokoli, dan jus jeruk serta sereal yang telah diperkaya dengan kalsium.

Setiap harinya anda membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium bila anda berusia di bawah 50 tahun dan 1.200 mg kalsium bila anda berusia lebih dari 50 tahun. Bila diperlukan, dokter anda mungkin dapat memberikan suplemen kalsium pada anda.


Vitamin D

Vitamin D juga berperan dalam menjaga kekuatan tulang anda dan mencegah terjadinya osteoporosis. Tanpa vitamin D, tubuh anda tidak dapat menggunakan kalsium yang terdapat di dalam makanan anda.

Penderita rematik sendi yang juga mengalami kekurangan vitamin D biasanya memiliki gejala yang lebih berat.

Makanan sumber vitamin D adalah susu, jus jeruk, dan sereal yang diperkaya dengan vitamin D, kuning telur, salmon, tuna, dan sardin. Selain berbagai makanan ini, tubuh anda juga dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari.

Orang dewasa yang berusia di bawah 70 tahun membutuhkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap harinya, sementara itu diperlukan 800-1.000 IU vitamin D setiap harinya bagi orang yang berusia 70 tahun atau lebih. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.


Asam Lemak Omega 3


Asam lemak omega 3 merupakan salah satu lemak "baik" yang hanya dapat diperoleh melalui makanan ataupun suplemen.

Tuna dan salmon merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Konsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu penderita rematik sendi karena dapat mengurangi kekakuan sendi di pagi hari. Selain itu, omega 3 juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Sumber: webmd

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbagai Vitamin dan Mineral Bagi Penderita Rematik Sendi"

Post a Comment